Sabtu, 13 Desember 2014

CINTA DAN AIR MATA DALAM NADA

Satu

Senin 16 Agustus awal pertama gue tercatat sebagai salah satu seorang mahasiswa disalah satu universitas swasta di jakarta. Status mahasiswa sih biasa aja buat gue, yg gak banget bukan universitasnya tp jurusannya sastra inggris, keren?? cool?? ga banget bukan karena gue suka bahasa inggris tp bokap gue tersayang yg pengen anaknya jadi seorang ahli sastra inggris, padahal gue sih pengennya kuliah ngambil jurusan seni musik di IKJ (institut kesenian jakarta) secara gue anak band, gitaris pula darah gue udah nempel sama yg namanya music, metal udah jadi sarapan gue tiap hari, sehari 4-6 jam gue main gitar kurang apalagi coba?? "mau jadi musisi makan apa ntar?" kata bokap gue, yaudah dr pada dicap anak durhaka gue nurut aja padahal gedek. Hari pertama yg bikin males yaitu Ospek!! tradisi sial yg bikin gue keki, dandan bergaya dah kaya gembel, bawa kaleng papan nama gede didada, pita warna warni SHIT!!
"kaka ... udah jam setengah 8, kamu mau kuliah jam berapa??" teriak nyokap gue tercinta.
"iya mah, bentar lagi siap2 ribet nih banyak bawaan!!" timpal gue agak kesel.
"cepet papah nungguin tuh, berangkat bareng sekalian papah kekantor" balas nyokap.
"iya bentar.. ihh" buru2 gue turun kebawah, cium tangan mamah minum susu terus berangkat bareng bokap, sengaja jg gue berangkat bareng daripada naek busway muka gue ditaro dimana berdandan ala gembel kaya gini .. haha!!
singkatnya di kampus.
"dah sampe tuh, cepet masuk" kata bokap.
"iya" bales gue sambil cium tangan.
"hati-hati yg semangat, keren jg tuh kaleng jadi ikat pinggang .. haha" ledek bokap gue.
"hahhaa kerenan juga rante diiket dileher baru metal!!" timpal gue.
"haha udah sana semangat ya mahasiswa baru" bokap gue nyemangatin, padahal ga banget.
turun dari mobil, gerbang kampus udah rame sama calon-calon mahasiswa yg dandananya ga jauh beda sama gue, pada ngantri sebelum masuk gerbang dah kaya mau ngantri sembako aja. tuh yg beralmamater pasti kaka kaka senior yg unyu2 yg pengen bgt dipanggil kaka..haha.
akhirnya ikut ngantri deh gue, sambil diabsen sambil dicek jg kelengkapan properti gue. yaelahh segitunya .. ckck
"apa nih Axel Rose?" kata salah satu kaka mahasiswa.
"itu nama musisi luar kak, vocalist GnR" jawab gw.
"lah kan kita suruh anak fakultas sastra pake nama bunga!! apaan nih" timpal kaka itu.
"itu rose kan bunga kak!" jawab gw ngeles.
"oh bunga yah?? alah bisa aja km, dah masuk sana ikut baris" jawab dia agak kesel.
"haha .. kena lu, dalam hati gue so cool muka culun jg tuh senior .. wkwk"
masuklah gue dalam antrian, singkatnya gue kenalan sama yg senasib maksudnya yg diospek jg, lg asik ngobrol.
"perhatian semuanya tepat jam 9.30 kita mulai pembagian kelompok, dengerin instruksi kita jng ricuh yang pasti semua harus ikuti semua intruksi" kata seorang senior yg mukanya agak tua. kayanya mahasiswa abadi nih yg kaga lulus2 haha
"iya kak!!" jawab mahasiswa baru semua dg kompak.
pembagian kelompok dimulai sesuai fakultas masing2 dg kaka2 pendampingnya masing2 jg. pas lagi pembagian kelompok tiba suara langkah kaki berlari menuju ruangan aula dimana kita dikumpulkan.
"tap tap tapp, bruk bruk klontang klontang" suara langkah kaki bercampur bisingnya suara kaleng mendekat.
"bruk suara pintu terbuka mengagetkan kami!!"
"maa ma maaf aku telat kak" ucap seorang gadis yg terengah-engah memasuki ruangan.

Dua

"maa ma maaf aku telat kak" ucap seorang gadis yg terengah-engah memasuki ruangan.
"eh eh apa apaan ini, datang telat enak bgt bilang maaf maaf!!" tegur seorang senior kepada gadis itu.
"maaf  kak, aku telat aku ketiduran diangkot tadi" jawab gadis itu.
"hah ko bisa??" kata seorang kaka yg satu lagi.
"lo ngeronda kali ya?? sampe ketiduran gitu.. aduh aduh" timpal kaka yg satu lagi yg jutek bgt mukanya.
"ma maaf kak" jawab gadis itu lagi sambil gemeteran.
"enaknya diapain nih yg kaya gini?" ancam kaka senior.
"Suruh nyanyi dangdut aja kak" cletukku.
eh seketika hening dan semua menatap kearahku termasuk gadis itu. waduh gw salah ngomong nih.
"udah udah gpp" kata kk senior yg tiba2 masuk, seketika ruangan hening semua mahasiswi terbengong, terpukau pas sosok itu masuk.
"biarin napa, dia telat 15 menit doang" bela orang itu sambil tersenyum kearah gadis itu.
seketika ruangan ramai dengan bisikan, "ih sumpah ganteng banget", "ya ampun ganteng ganteng", "ya tuhan" woi nape lu pada biasa aja kali, tp emang iya sih kaka senior yg satu ini ganteng juga, tinggi ya sama lah gue jg tinggi, putih ya putihan dia, haha
"heh diem diem" teriak salah satu kaka jutek.
"ih kamu datang jg Morgan sayang" kata sikaka jutek itu. Sambil lenjeh pegang2 tangan kaka ganteng itu.
seketika "wuuuuu" teriak mahasiswi yg envy haha
"oh iya pekenalkan nama saya Handi Morgan Winata panggil aja kak Morgan, saya ketua ospek tahun ini. Terima kasih atas partisipasinya, maaf saya telat jd kita lanjut lagi acaranya yah" kata si Morgan itu yg katanya ganteng.
"iya kakkaaa" jawab mahasiswi yg pd genit.
yg mahsiswa termasuk gw cengo n ketawa2 doang.
"oh ya kamu yg telat siapa nama kamu?" tanya Morgan kepada gadis itu.
"ak akuu Christy kak, Christy Saura Noela Unu lengkapnya" jawabnya sambil tersipu, mungkin krn ketampanan si Morgan itu kali ya.
"oh Christy, nah ko nama di papan nama kamu cemara? Cemara kan tinggi-tinggi pohonnya, kalo kamu mungil imut gitu" ujar Morgan sedikit meledek sembari tersenyum dihadapan wajah Christy.
penjelasan nih buat mahasiswa fakultas ekonomi emang harus pake name tagnya nama pepohonan.
"eh" Christy tersipu malu.
"ii iiya kak, karna namaku Noela yg artinya natal terus natal identik dengan pohon cemara yaudah aku pilih pohon cemara aja" jawab Christy.
"oh gitu, yaudah silahkan masuk kebarisan kamu yah"ujar Morgan.
"makasih kak" bergegas Christy mencari dan bergabung dengan kelompoknya.
"jihh salting tuh" ucapku dalam hati sambil memperhatikan Christy yg hendak duduk dalam barisannya.
"yaudah kita mulai lagi acaranya ya!" ucap Morgan kepada seluruh mahasiswa peserta ospek.
"iya kaka" spontan seluruh mahasiswa menjawab yg mayoritas jawab sih cewe haha.
Seminggu sudah berjalan ospek ini seakan membunuhku, ku bagaikan narapidana yg hendak menghirup udara bebas akhirnya.
"oke ini hari terakhir acara ospek kita, saya mau tiap fakultas menampilkan suatu hiburan, bisa nyanyi, puisi, drama atau apalah yg penting kita senang2 dipenutupan hari ini oke!" ujar Morgan selaku ketua ospek memberi instruksi dipagi harinya.
sontak suasana menjadi ricuh, ramai, saling tunjuk untuk mengisi acara yg bisa dibilang dadakan. Ga banget deh!! beberapa jam persiapan nampilin apa coba? gpp deh namanya juga kumpulan orang stres gerutu gw dalam hati.
waktu berjalan semua fakultas sibuk diskusi mau nampilin apa mereka ntar pas closing acara. Akhirnya waktu itu tiba tepat pukul 18.00 acara dimulai.
"ayo ayo udah pada siapkan? udah mulai malam jg nih" tanya salah satu panitia.
"yahh kaka!!"keluh sebagian mahaswa.
"udah siap ga siap ga apa-apa kita seru-seruan aja disini". timpal Morgan.
Acarapun dimulai, pertama fakultas hukum yang nampilin drama, gokil karena ceritanya sekumpulan banci yg kena razia ngakak coy haha, lanjut fakultas agama yang nampilin tausiyah eh seketika hening pada tobat kali ya, terus fakultas biologi yg vocal grup nyanyiin lagu smash  I heart you pake gaya mirip bener, cewe-cewe pada histeris. najis dah!! lanjut fakultas gue sastra, gue males diskusi, seharian gue kaga nyimak jd kaga tau mau nampilin apa, eh buset baca puisi jiahha nasionalis jg gpp deh masih berhubungan dengan sastra ko. Lanjut fakultas lain akhirnya fakultas ekonomi giliran maju, eh tp ko ga ad yg maju??
"ayo sekarang giliran fakultas ekonomi, kasih tepuk tangan!!" ucap MC
"horee" suasana ramai ..
Seketika hening karena ga ada yg maju ..
"eh ayo mana penampil dr fakultas ekonomi??" ujar si MC lagi, semua panitia mulai memperhatikan.
Tetep ga ad yg maju suasana makin hening dan sedikit tegang ..
"oke kalo ga ada yg maju saya kasih hukuman!!" ujar kaka panitia yg jutek lenjeh itu.
"apaan sih njel, ga usah gt juga kali" Morgan membela.
Oh ya si kaka jutek itu namanya Angel, Margareth Angelina dr fakultas ekonomi jg.
"ya ga gt jg kali gan, mereka harus ditegasin masa yg lain maju mereka ngga, malu-maluin anak ekonomi aja. Tegas dikit napa kamu!!" timpal angel kesal.

Tiga

"ya ga gt jg kali gan, mereka harus ditegasin masa yg lain maju mereka ngga, malu-maluin anak ekonomi aja. Tegas dikit napa kamu!!" timpal angel kesal
"tapi kan bs baik baik ga usah serba dihukum" ketus Morgan.
"yaudah saya hitung sampe 5 ga ada yg maju, kalian pulang jam 11" ancam angel
"terserah kamu lah njel" Morgan kesal,
sontak suasana ricuh "yaudah kamu", "kamu aja yg maju", kamu ih". saling tunjuk.

"satu, dua, tiga, empat, li .. " angel mulai menghitung.
"aku, aku kak" terdengar suara seseorang yg mengajukan diri sebari jalan kedepan.
"aku aja kak mewakili semua biar aku yg tampil" ujar christy ternyata.
"kamu?? mau nampilin apa kamu?" tanya angel
"aku nyanyi aja kak" jawab Christy
"nyanyi?? bisa kamu?" ucap angel
"hey lihat masa cuma dia yg maju dr 67 calon mahasiswa fakultas ekonomi masa cuma satu yg maju, ada lagi ngga?? cepet!!" kata angel
suasana tambah tegang aja, si kaka galak mulai meradang kayanya tp ttep aja ga ada yg mau maju.
"aku aja" ujarku, akhirnya maju jg nih gue semua mata tertuju padaku *eh kaya slogan miss indonesia hehe
"eh km kan bukan anak ekonomi??" kata angel
"gpp kak, yg penting saya anak universitas pelita harapan dr pada kita pulang malem hal sepele gini mending saya yang ngajuin diri" jawabku
"yaudah gpp kali njel" kata panitia yg lain.
"yaudah kamu mau ngapain?"tanya angel
"saya main gitar aja ngiringi Christy nyanyi" jawabku.
"yaudah cepet persiapan 5 menit" Angel balik lagi ketempat duduknya.
Christy hanya tersenyum kearah gue, idih sok imut.
akhirnya kita persiapan tampil gue sama christy diskusi sebentar.
"yaudah mau nyanyi apa? asal jangan dangdut ya" ujarku
"lagu apa ya?" Christy gemetaran.
"idih nanya balik" gue liat kebelakang oh kayanya dia gemetaran di liatin kak Morgan sampe memerah gitu mukanya.
"hoi biasa aja kali, santai" tegurku.
"ii ya maaf, yaudah lagu ecutez aja yg simpan saja bisa?" tanya Christy
"aduh ga bisa gue" jawabku, padahal bisa berhubung bete n males akhirnya ngeles aja gue haha
"yah .. gmn kalo lagunya joy tobing yg karena cinta bisa?" tanya christy lagi.
"woy cepet lama amat!!" teriak panitia dr belakang
"yaudah itu aja" jawab gw, siaall gue kaga hafal lagi chordnya tau gitu lagu ecutez aja padahal, tp ga apalah yg penting heppy, jelek gmn ntar haha
waktu perform tiba, gue main gitar sambil duduk, christy juga duduk pas disebelah kanan gw, cuma posisinya agak maju dikit.
mulai pada tepuk tangan nih, horeeeee!!! jiahh biasa aja kali lu pada norak!! najiss. gerutu gue dlm hati.
Gue mulai main gitar masuk intro, gue petik jreng jreng beuh keren banget gue udah kaya dewa budjana aja haha, verse masuk dan vocal jg masuk.

Empat

Gue mulai main gitar intro gue petik jreng jreng beuh keren banget gue udah kaya dewa budjana aja haha, verse masuk dan vocal jg masuk.
Nah lo semua terdiam termasuk gue, “ohmygod Christy suara lu" ujar gue dalam hati.
Gila merdu banget, halus, indah baru ini gue denger vocalis suaranya seindah ini, main gitar jadi cengo gue ga konsen akhirnya. Sambil ngeraba2 chord lagunya.
tp lama kelamaan gue perhatiin Christy klo lagi nyanyi mukanya manis jg, senyumannya, tatapan matanya, suaranya aduh indah lebih dari indah. Kok baru sadar ya gue yg tadinya gue liat biasa aja tp kok sekarang beda banget. woy seminggu kemaren kmn aje lu ndu!! akhirnya gue menikmati ngiringi dia nyanyi sambil gue cari chord progresionnya tuh lagu, sesekali gue perhatiin christy pas dia liat ke gue, gue buang muka aja. tapi dah gt gue perhatiin lg, ternyata manis jg cantik lagi. hehe
akhirnya lagu selesai, yg nonton tepuk tangan kaya abis pada nonton cherrybelle, tuh girlband sebelah, haha
eh tiba-tiba
"Christy, bagus banget sumpah bagus banget suara kamu merdu aku ga nyangka" ucap Morgan yg tiba-tiba menghampiri dan langsung memuji Christy sembari memegang tangannya.
"makasih ka, biasa aja ko" ucap Christy malu.
"idih modus lo" ujarku dalam hati.
"Morgan, apaan sih pegang-pegang segala" Angel datang sambil melepaskan tangan Morgan yg sedang memegang tangan Christy.
"lo juga jangan kegenitan! nyanyi gitu juga gue bisa" ucap Angel ke Christy.
"maa maaf  ka" jawab christy.
Lalu Angel pergi sambil menarik Morgan kembali duduk.
"Christy kamu keren sampai ketemu lagi yah!!" teriak Morgan sambil melambai kearah Christy. Dan christy pun malambai balik.
"aduh modus lg lo Morgan" ujarku.
"makasihhh .. " terkaget aku Christy yg tiba-tiba menggenggam tanganku kegirangan.
"iyaa iyaa sama-sama" jawabku, terbengong.
Akhirnya semua fakultas selesai menampilkan pertunjukannya, acarapun ditutup oleh panitia.
Ospek Mahasiswa/i baru universitas pelita harapan resmi ditutup selamat bergabung dan mohon maaf apabila ada kesalahan terimakasih banyak semua.
aduh lega gue pengen cepet pulang makan masakan mama terus tidur dah.
Seketika ketika hendak sampai gerbang kampus.
"haiii ... " Ada suara, ternyata Christy maemanggilku sambil berlari kearahku.
"haii, ada apa ya?" tanyaku.
"eh sekali lagi makasih ya tadi, eh kamu keren loh main gitarnya, enak banget ngiringinnya kamu pemusik yah?" tanya Christy.
"ehehe ga jg cuma sekedar suka ngeband aja" jawabku sambil malu.
"oh anak band , kereen" Christy berteriak.
"oh ya, nama km siapa aku Christy" sambil menjulurkan tangannya.
"iya gue udah tau, gue Pandu anak fakultas sastra" pas bersalaman, aduh kok deg degan yah.
"yaudah Pandu salam kenal n sampai ketemu lagi ya, kalo mau cari aku, aku anak fakultas ekonomi yah" berlari dia sambil tersenyum melambaikan tangan kearah gue.
Gue liat dia dijemput dengan motor mungkin sama bokapnya kali ya, eh knp nih salah fokus gue.
Akhirnya gue pulang dijemput bokap sebari senyum-senyum sendiri gak sabar hari esok bakal kaya gimana kuliah hari pertama setelah masa ospek dengan mata kuliah yg emang gue ga suka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar